Tak terasa sudah dua belas bulan berlalu sejak Android 7.0 Nougat diperkenalkan, dan itu berarti Google akan kembali merilis sistem operasi mobile terbarunya dengan nama yang berbeda dan lebih manis dibandingkan sebelumnya. Setelah beberapa bulan yang lalu kabar OS dengan inisial “Android O” masih menjadi tanda tanya, akhirnya semuanya terjawab dan salah satu prediksi nama yang beredar pun ternyata benar.

Bulan Agustus yang lalu tepatnya tanggal 21 Agustus 2017, melalui live streaming yang berlangsung di kota New York, Google memperkenal sistem operasi terbarunya Android 8.0 Oreo. Berbagai fitur anyar yang menarik dihadirkan kepada OS Android generasi terbaru ini yang sebelumnya dapat dilihat melalui developer preview yang sudah bisa dnikmati oleh beberapa jenis smartphone terbaru.

Apabila hp Android yang kalian miliki masih belum mendapatkan update OS terbaru Google ini, sebaiknya kalian simak terlebih dahulu 3 Fitur Terbaru Android Oreo yang wajib untuk diketahui sebelum mencobanya. Apa sajakah itu? Langsung cek yang di bawah ini.

3 Fitur Terbaru di OS Android 8.0 Oreo Yang Wajib Untuk Kalian Ketahui Sebelum Mencobanya

3-Fitur-Baru-Android Oreo-Dirilis
3 Fitur Baru Android Oreo Dirilis

1. Picture-in-Picture (PiP) Mode

Banyak pengguna smartphone yang ingin sekali bisa menonton video sambil multitasking kegiatan lainnya tanpa membuat video yang di jalankan terhenti dan terus berjalan, namun pada versi Nougat hal tersebut masih sulit dilakukan tanpa bantuan aplikasi eksternal. Untungnya di OS Android Oreo ini, hal tersebut sudah dapat dilakukan berkat fitur Picture-in-Picture Mode atau PiP yang telah diberikan oleh Google.

Namun perlu diketahui bahwa hanya aplikasi yang sudah support video PiP saja yang dapat menggunakan fitur terbaru ini, seperti VLC, Youtube, dan Google. Adapun cara menggunakan fitur PiP Mode di perangkat dengan OS Android Orea ialah sebagai berikut.

Pilih video yang kalian inginkan untuk dinikmati menggunakan fitur PiP Mode.
Jalankan video dengan mode Full Screen.
Selanjutnya tap tombol menu “Home” di smartphone kalian.
Setelah itu video yang kalian jalankan tadi akan otomatis mengecil tampilannya dan kalian pun bisa melakukan multitasking seperti membuka Note, kalender, mengetik sms, dan melakukan aktivitas lainnya.

2. Autofill API Feature

Salah satu permasalahan yang seringkali dialami oleh kebanyakan pengguna gadget khususnya orang yang baru menggunakan smartphone adalah mereka kerap kali lupa dengan password email ataupun akun sosial media seperti Facebook, twitter, Instagram,dan lain sebagainya. Apalagi ketika mereka tidak sengaja log out akun mereka ataupun menghapus datanya, kebanyakan orang akan kebingungan dan panik bagaimana cara mengatasinya. Dan malah ada yang terpaksa membuat akun baru yang kemungkinan masalah tersebut akan kembali mereka alami.

Meskipun saat ini terdapat cukup banyak aplikasi android untuk me-manage akun penting pengguna hp android untuk menyimpan data email dan passwordnya, namun banyak pula yang mengeluhkan rasa tidak nyaman dan khawatir ketika menggunakan aplikasi manager password karena bukan bawaan asli smartphonenya.

Pada sistem operasi Android Oreo ini Google memperkenalkan fitur Autofill API dimana pengguna smartphone dapat mendaftarkan aplikasi yang ingin menggunakan fitur tersebut. Kemudian kalian akan diminta memberikan data akun untuk login seperti email atau username beserta password dari aplikasi yang diinginkan secara rinci. Sehingga nantinya kapan pun dibutuhkan ketika kalian ingin login ke akun kalian ataupun saat lupa dengan kata sandi akun, kalian tetap bisa login hanya dengan sekali tap.

3. Background Limits

Daya tahan baterai smartphone akan menjadi lebih baik dengan penggunaan OS Android oreo ini karena pihak Google telah merubah cara kerja dari sejumlah aplikasi yang seringkali tetap berjalan di background atau latar belakang yang seringkali tidak disadari oleh kebanyakan pengguna hp Android pada umumnya.

Dengan adanya fitur Background Limits ini, berbagai macam aplikasi yang kerap berjalan di latar belakang tanpa diketahui sebelumnya akan dapat teridentifikasi. Jadi, pengguna smartphone dengan sistem operasi Android 8.0 Oreo dapat mengetahui mana saja proses aplikasi yang sedang berlangsung dan apakah berhubungan dengan yang sedang dibuka pada layar utama.

Untuk aplikasi musik player yang memang sering berjalan di background besar kemungkinan tidak akan terpengaruhi oleh fitur baru dari Android oreo ini. Namun untuk aplikasi sosial chat atau sosmed seperti Snapchat, Facebook, Instagram, Twitter dan yang lainnya mungkin akan terkena dampaknya yakni kalian tidak akan bisa mendapatkan update feed setiap saat jika tidak membuka langsung aplikasinya.

Sisi baiknya dari fitur ini seperti yang telah kami sebutkan tadi bahwa kondisi baterai smartphone kalian akan menjadi lebih baik karena bekerja lebih efisien dan tidak menjadi boros daya seperti sebelumnya saat banyak aplikasi yang berjalan di background secara otomatis tanpa kalian ketahui.

Itulah beberapa poin fitur Android Oreo yang wajib untuk kalian ketahui terlebih dahulu. Kabarnya hp Google Nexus dan Pixel akan terlebih dahulu mendapatkan pembaharuan sistem operasi Android ini, sedangkan untuk vendor smartphone lainnya harus menungggu beberapa bulan setelahnya. Jadi kalian harus bersabar jika ingin menikmati kecanggihan sistem operasi mobile terbaru buatan Google ini.


Yang Lagi NGE-TREND !!! Baca : Samsung Galaxy A

Comments

comments



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!