Smartphone baru menjadi salah satu perangkat yang bisa dibilang tak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari, terutama yang berbasis sistem operasi Android. Banyak aktivitas yang dapat kita lakukan dengan bantuan ponsel canggih terbaru tersebut, seperti melakukan aktivitas kerja, mendengarkan lagu, menonton video, streaming, bermain game offline mauoun online, dan lain sebagainya.

Terkadang secara tidak sadar ketika sobat mengunduh sebuah aplikasi baik itu di Google Play Store maupun yang berada diluar dari toko aplikasi tersebut, terdapat virus ataupun malware yang turut ikut masuk ke hp Android yang sobat miliki. Dan bisa jadi data-data yang ada di smartphone kalian tersebut terancam dan disalah gunakan oleh pihak hacker yang membuat aplikasi malware maupun virus tersebut.

Sebagian besar orang tidak menyadari hal tersebut selama ini. Dan pada kesempatan ini, hapebaru aan memberikan info tentang apa saja tanda jika hp Android terkena virus serta solusi untuk mengatasinya. SIlahkan simak selengkapnya di bawah ini.

Ciri-Ciri HP Android Sudah Terjangkit Oleh Malware Atau Virus

Tanda-HP-Android-Terkena-Malware-dan-Virus
Tanda HP Android Terkena Malware dan Virus

1. Menerima dan Mengirim SMS Mencurigakan Tak Dikenal

Apakah sobat pernah mendapatkan SMS yang terlihat aneh tnapa diketahui siapa pengirimnya? Atau hp kalian pernah mengirim sms dengan sendirinya tanpa sepengathuan kalian? Waspadalah! Jika kalian pernah mengalami salah satu atau bahkan keduanya, bisa saja ada hacker yang telah meretas hp kalian dengan menyisipkan virus ataupun malware.

Terkadang tanpa kalian sadari mungkin saja pernah terkenal jebakan “phising”, dimana kalian mendapat perintah untuk memasukkan data pribadi seperti email dan paswordnya atau juga no seluler kalian. Untuk yang pernah ataupun belum mengalaminya, kami sangat sarankan untuk segera menghapus seluruh SMS yang kemungkinan berisikan jebakan dengan model “phising”. Jangan mudah percaya jika mengatakan anda menang undian dan sebagainya hingga disuruh untuk mengisi data-data pribadi atau bahkan mengirim sejumlah uang ke rekening si pelaku.

2. HP Terasa Lambat Atau Lemot

Performa smartphone yang menurun dari biasanya bisa saja disebabkan karena adanya malware yang seringkali tanpa kita ketahui sering mengunduh file-file tanpa sepengatahuan penggunanya dan membuat cachenya semakin menumpuk. Sebagai solusinya, biasakan bersihkan cache dari aplikasi-aplikasi beserta situs web agar tidak terus menerus menumpuk terutama di penyimpanan internal baik secara manual atau dengan bantuan aplikasi pembersih cache.

3. Pop-up Ads Muncul Dengan Sendirinya

Rasanya masih wajar jika iklan muncul di aplikasi atau game hp Android karena hal tersebut merupakan bagian dari kebijakan Google sendiri selaku pengembang sistem operasi tersebut dan pemilik platform. Namun bagaimana jika iklan muncul ketika hp lagi dalam keadaan “idle” atau tak melakukan aktivitas sama sekali?

Waspadai iklan yang muncul secara tiba-tiba seperti di Homescreen atau di luar dari aplikasi yang ada di hp Android kalian. Dan sebaiknya jangan mengklik iklan opo-ip ads yang mencul tesebut untuk menghindari hal-hal yang beresiko berbahaya.

4. Kuota Internet Boros atau Cepat Habis

Seringkali ketika sobat menginstal aplikasi terutama yang diambil di luar dari Google Play Store, di dalamnya terdapat virus ataupun malware. Seperti yang kami dijelaskan di poin nomor 3 dimana seringkali muncul pop-up ads saat tidak ada aktivitas di hp ataupun mengunduh cache yang tidak penting tanpa sepengetahuan kalian. Semua hal tersebut tanpa kalian sadari juga cukup menguras kuota paketan internet kalian.

Solusi untuk mengatasinya yaitu dengan cara masuk kebagian pengaturan lalu melihat menu Data Usage untuk memantau penggunaan data selama ini. Disitu dapat terlihat aplikasi apa saja yang paling banyak mengambil kuota internet. Jika sudah menemukannya, sesegera mungkin uninstal aplikasi tersebut.

5. Konsumsi Baterai HP Android Lebih Cepat Terkuras

Untuk tanda-tanda yang ini sangatlah bisa dikatakan cukup berkaitan dengan penjelasan tanda nomor 2 dan 3. Sebab dengan adanya malware ataupun virus selain membuat performa smartphone menurun tentunya membuat konsumsis daya baterainya semakin cepat terasa berkurang. Sebab hardware inti yang ada di dalam device kalian bekerja lebih dibandingkan saat tidak digunakan pada keadaan normal. Untuk mengatasi permasalahan ini sebaiknya perika seluruh aplikasi yang tderinstal dengan cara melihatnya di bagian pengelolaan aplikasi.

itulah tadi pertanda hp Android yang terjangkiti virus atau malware tanpa sepengetahuan pemiliknya. SIlahkan periksa hp kalian dan perhatikan poin-poin di atas apakah kalian juga mengalaminya. JIka memang terkena, lakukan solusi yang kami jelaskan di atas. Dan sebagai solusi tambahan gunakan anti virus untuk melakukan scanning secara menyeluruh. Sehingga kita bisa lebih mengetahuinya nanti apakah smartphone kalian aman atau tidak.


Yang Lagi NGE-TREND !!! Baca : Samsung Galaxy A
apakah handphone bisa terkena virus atau malware, hp kena malware nampilin pop up terus, hp xiaomi terkena virus

Comments

comments



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!